by

SMAN 8 Gelar Pentas Seni (Pensi) di Lapang Pussenif Bandung

polaberita.com /Kota Bandung – Dinas Pendidikan Wilayah VII, Disdik Jabar Abdul Latief, M.Pd., dukung Pentas Seni (Pensi) Atma Asta SMAN 8 Kota Bandung yang digelar di lapang Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif), Jalan Supratman No 60, Kota Bandung, pada hari Sabtu (14/10/2023)

Pentas Seni (Pensi) salah satu ajang Pensi pelajar terbesar di Kota Bandung serta paling ditunggu kehadirannya oleh pelajar, anak muda Bandung dan sekitar.

Kegiatan Pentas Seni (Pensi) Tahun 2023 ini diberi nama Atma Asta Reinerva, dilangsungkan di lapang Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif).

“Pensi menghadirkan berbagai tampilan siswa SMAN 8 Kota Bandung di antaranya Asta Music dan Teater Jebew. Di samping itu juga ada penampilan dari band audisi.

Tidak terkecuali bintang tamu ternama di tanah air, seperti Lomba Sihir, Sal Priadi, Nadin Amizah, The Changcuters, HIVI, Yura Yunita, Feel Koplo dan JKT 48.

Di tempat acara, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Abdul Latief, M.Pd., menjelaskan bahwa Pensi Atma Asta ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran abad 21.

Ini sebagai bentuk pengembangan kreativitas anak-anak dan merupakan latihan organisasi yang luar biasa. Bukan organisasi yang normatif seperti OSIS. Tetapi ini sudah melompat, lebih ke pembinaan kesiswaan yang biasa yang normatif,” kata Latief.

“Ini juga pembelajaran abad 21. Ini merupakan implementasinya, berpikir kreatif, berpikir kritis atau creative thinking, ada kolaborasi, komunikasi, empat pokok pembelajaran abad 21, terimplementasikan di sini,” imbuhnya.

Dirinya pun berpesan kepada panitia dan siswa SMAN 8 Kota Bandung, pertama kata Latief mereka harus pandai-pandai belajar dari yang dilakukan dalam kegiatan ini.

Jadi harus mampu mengambil hikmah, pembelajaran dari setiap sesi dan proses dalam mengambil keputusan-keputusan yang sebelumnya sudah dipelajari dan dianalisis, untung ruginya, manfaat mudharatnya seperti apa. Memang ini pembelajaran di luar kelas.” kata Latief.

Dalam kesempatan yang sama Sri Rahayu Saptawati, M.Ds., Guru Seni Budaya yang juga Pengarah Pelaksana Atma Asta Reinerva menambahkan bahwa ada sekitar 500 orang siswa yang tergabung sebagai panitia, dibimbing oleh para guru.

“Kegiatan Pentas Seni (Pensi) Tahun 2023 dibuka oleh Kepala SMAN 8 Kota Bandung Dedi Mulyawan, S.Pd., juga dihadiri Dr. Nanang Wardana, SE., M.M., Analis Kebijakan Ahli Muda (kordinator SMA dan SLB) Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Disdik Jabar.