by

Resep Donat Pita yang Cantik dan Mengembang

Polaberita.com / Donat adalah kudapan sejenis roti yang digoreng dan terbuat dari campuran tepung, telur, mentega, dan bahan lainnya. Donat memiliki ciri khas bentuk bak sebuah cincin, yakni memiliki lubang di bagian tengahnya.

Namun, saat ini donat sudah mengalami banyak perkembangan. Selain varian rasa dan bahan baku pembuatannya, donat juga sudah dikreasikan dalam bentuk lain, yakni donat tanpa lubang. Sedangkan donat yang satu ini adalah donat berbentuk pita. Unik, bukan?

Jika kamu tertarik ingin mencoba resep donat pita ini, simak resep lengkapnya di bawah yuk!

1. Siapkan bahan-bahan

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung protein tinggi
  • 80 gram gula pasir
  • 100 gram butter
  • 3 kuning telur
  • 200 cc air dingin
  • 25 gram susu bubuk
  • 8 gram ragi instan
  • 4 gram garam

2. Mixer semua bahan utama donat

Untuk membuat adonan donat, campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi dalam satu wadah. Aduk secara merata lalu tambahkan kuning telur dan air dingin secara bertahap sambil di mixer. Naikkan kecepatan mixer secara bertahap sampai adonan setengah kalis. Tambahkan butter dan garam lalu mixer adonan hingga menjadi kalis.

3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian

Selanjutnya, bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan masing-masing seberat 48 gram. Bulatkan adonan hingga permukaannya halus. Setelah itu diamkan hingga mengembang 2x lipat selama 25-30 menit. Tutup adonan dengan kain.

4. Bentuk adonan menjadi pita

Ambil bulatan adonan kemudian bentuk menjadi pita sesuai petunjuk pada gambar. Setelah semua adonan sudah terbentuk, tutup kembali dengan kain dan diamkan hingga mengembang 2x lipat selama 25 menit.

5. Goreng donat hingga matang

Panaskan minyak untuk menggoreng donat dengan api kecil sedang. Goreng adonan donat hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan tunggu adonan sampai dingin. Setelah itu kamu bisa menambahkan topping sesuai selera.

Itulah resep donat pita yang bentuknya anti mainstream. Bahan-bahannya seperti membuat donat pada umumnya, yang berbeda hanyalah bentuk si donat. Selamat mencoba!