by

Obat Diare Alami Untuk Pertolongan Pertama

Polaberita.com / Diare memang membuat badan merasa tidak nyaman. Selain perut yang terus-terusan merasa mulas, kalian juga pasti harus bolak-balik kamar kecil untuk buang air.

Walaupun sudah banyak obat diare yang dijual di apotek dan warung, kamu mungkin tidak selalu memilikinya di rumah. Jadi untuk pertolongan pertama, kamu bisa menggunakan pilihan obat diare alami ini yang mungkin sudah kalian miliki di rumah.

Berikut adalah 12 obat diare alami yang bisa kalian coba untuk pertolongan pertama seperti :

1. Oralit Buatan Sendiri
Oralit merupakan salah satu obat diare yang paling ampuh. Tapi jika kalian tidak punya oralit di rumah kalian bisa membuatnya sendiri dengan bahan sederhana.
Caranya dengan larutkan enam sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dalam satu liter air. Aduk hingga rata dan minum satu gelas tiap 4-6 jam sekali. Gula dan garam sendiri merupakan elektrolit yang bisa menghindarkan tubuh kalian dari dehidrasi akibat diare.

2. Pisang
Pisang merupakan buah yang cocok untuk mengobati diare secara alami. Karena pisang kaya akan kalium yang bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.
Selain itu, pisang mengandung pektin yang bisa menyerap cairan dalam usus. Sehingga kotoran yang dikeluarkan lebih padat dan tidak berair.

3. Kentang
Sama seperti pisang, kentang juga mengandung kalium yang cocok untuk meredakan diare. Kalian bisa mengolah kentang dengan cara dikukus, dan sebisa mungkin hindari menambahkan mentega, margarin, atau saus pedas.

4. Jahe
Jahe memiliki sifat anti radang, anti nyeri dan anti bakteri sehingga cocok untuk mengobati diare dan bisa menenangkan perut kalian. Caranya dengan merebus irisan jahe dan diminum selagi hangat.

5. Wortel
Sama seperti pisang, wortel juga mengandung pektin yang bisa membuat feses yang dikeluarkan menjadi lebih padat. Caranya dengan membuat wortel menjadi bubur dengan menumbuknya hingga halus dan diblender dengan sedikit air.

6. Yogurt
Yogurt merupakan makanan dengan probiotik tinggi. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang ada di sistem pencernaan. Makanan dengan probiotik tinggi bisa meningkatkan jumlah bakteri baik untuk melawan kuman penyebab diare.

7. Air Putih
Mengonsumsi air putih tidak hanya bisa mengatasi diare secara alami tapi juga bisa membantu mencegah dehidrasi. Karena saat diare tubuh pasti akan kekurangan cairan karena kotoran yang terus dikeluarkan. Saat diare juga dianjurkan untuk tidak minum alkohol, kafein dan susu.

8. Jus Buah
Saat diare, kalian juga dianjurkan untuk meminum jus buah. Jus buah dapat dikonsumsi setiap hari saat diare, tapi disarankan untuk tidak ditambah dengan pemanis, baik gula, madu maupun susu.

9. Daging Kukus
Jenis-jenis daging seperti sapi, ikan atau ayam selain sebagai sumber protein yang baik juga bisa mengobati diare. Tapi perlu diingat untuk tidak mengolah daging menggunakan minyak atau mentega saat diare.

10. Roti Gandum
Makanan olahan gandum seperti roti dan pasta juga bisa digunakan untuk menangani diare. Kedua makanan ini memiliki serat yang rendah sehingga mudah dicerna dan dapat memadatkan feses. Hindari menambahkan mentega, madu atau selai pada roti, serta krim susu, atau saus pedas pada olahan pasta.

11. Nasi
Makanan rendah serat lainnya yang bisa mengatasi diare adalah nasi. Tapi diet rendah serat ini tidak dianjurkan dilakukan terus-menerus setelah diare berhenti. Setelah sembuh dari diare dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi seperti daging, sayuran, dan buah.

12. Teh Chamomile
Teh chamomile tidak hanya membantu tidur lebih nyenyak, tapi juga bisa mengobati diare secara alami. Hal ini karena teh chamomile memiliki sifat anti diare dan anti radang yang bisa membuat usus tetap sehat dan tenang.