by

7.536 Orang Kunjungi Kebun Binatang Ragunan, Polisi Kerahkan Ratusan Personel Awasi Prokes

Polaberita.com/JAKARTA – Memasuki hari kedua libur Lebaran, Jumat (14/5/2021), tempat-tempat wisata di Jakarta tetap dikunjungi warga untuk memanfaatkan waktu libur meski di tengah pandemi Covid-19. Selain Taman Mini Indonesia Indah (TMII), salah satu yang menjadi sasaran kunjungan masyarakat adalah Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan.

Di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan tersebut, sampai pukul 10.30 WIB, Jumat, tercatat sebanyak 7.536 orang pengunjung yang datang memanfaatkan waktu liburannya di kebun binatang favorit tersebut.

Menurut data, mayoritas penggunjung yang datang ke kebun binatang itu menggunakan kendaraan sepeda motor yakni sebanyak 1.340 dan mobil 370.

Terkait itu, Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah mengatakan, pihaknya telah mengerahkan ratusan personel gabungan terdiri dari aparat Polri, Satpol PP, Kamtibmas, dan pengamanan untuk melakukan pengamaman dan mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

“Untuk Polri 225 setiap harinya. Kemudian dibantu Satpol PP 50, dibantu pengamanan dalam 50 juga, dari Kamtibmas 30 personel. Ini kita bagi-bagi beberapa personel dari pintu masuk dan area dalamnya. Termasuk kita mengoperasionalkan mobil-mobil untuk memberikan imbauan secara rutin, termasuk peringatan kepada pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah,

Dikatakan Azis, Polri mem-back up pengelola Taman Margasatwa Ragunan dalam melakukan pengamanan dan mengawasi pengunjung terkait penerapan protokol kesehatan.

“Kemarin sudah beberapa kali kita melaksanakan rapat kordinasi, berapa jumlah pengunjung yang dibolehkan masuk dan bagaimana caranya. Kemudian kita akan membagi penugasan beberapa personel, nanti personel dari Polri, dari pengamanan dalam, kemudian ada Satpol PP, juga ada Kamtibmas, kita berkolaborasi dengan pengelola memastikan protokol kesehatan tetap terjaga,” pungkasnya