by

10 SMKN di Jabar Telah Mengikuti Kegiatan Educational Vocational West Java Festival 2023

polaberita.com /CIANJUR – 16 Oktober 2023 – Sejumlah 10 SMKN termasuk SMK Negeri 1 Pacet menjadi tuan rumah gelaran kegiatan tingkat Provinsi Jawa Barat. Kali ini kegiatan bertajuk CATC (Common ASEAN Tourism Curriculum) 2023 digelar bersama beberapa sekolah di Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Educational Vocational West Java Festival (Edufest Jabar 2023). Selain itu juga digelar kegiatan lainnya yakni Metaverse, Data Science Smart system serta Sekolah Pencetak Wirausaha.

Pada kegiatan CATC 2023 ini turut hadir pula Kabid PSMK Provinsi Jawa Barat, Bapak Edi Purwanto, Bidang Kurikulum Direktorat PSMK Kemendikbud RI, serta hadir secara virtual Ibu Dewi Eka dari BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata dan Ibu Titik perwakilan dari Kemenparekaf RI.

Setelah kegiatan ini akan dilanjutkan dengan memetakan kegiatan selama 4 hingga 5 bulan ke depan dalam bentuk pelatihan secara online dengan menggunakan kerangka kurikulum ASEAN.

SMK Negeri 1 Pacet menjadi peserta dari 10 sekolah yang ditunjuk dan mengikuti kegiatan ini bersama dengan SMK PGRI Subang, SMKN 1 Bandung, SMKN 3 Bandung, SMKN 9 Bandung, SMKN 1 Bogor, SMKN 3 Bogor, SMK Al-Wafa Ciwidey, dan SMKN 1 Ciamis serta ASEAN Colleges.

ke 10 sekolah tersebut akan mengikuti pelatihan dengan target enam standar kompetensi yang sudah ditetapkan diantaranya adalah Food and Beverage, Front Office, serta Food Production.

Target lain dari pelaksanaan CATC 2023 ini adalah terciptanya kesempatan bagi siswa SMK Pariwisata di Jawa Barat untuk melakukan pertukaran pelajar bersama siswa se-ASEAN, target pertama adalah negara Thailand.

Mari kita dukung kegiatan CATC 2023 ini untuk pengembangan kompetensi para siswa-siswi di SMK Negeri 1 Pacet khususnya dan para Siswa di Jawa Barat secara umum.(*)