by

Plh. Kadisdik Jabar M. Ade Afriandi Meninjau pelaksanaan PPDB tahap 2 di SMAN 12 Bekasi

Polaberita.com /  BEKASI -Satuan pendidikan melakukan verifikasi berlapis guna memastikan nilai calon peserta didik yang mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap 2 jalur prestasi rapor sesuai dengan nilai rapor yang sebenarnya.

Seperti yang dilakukan oleh SMAN 12 Bekasi Selatan. “Kita pastikan calon peserta didik mengunggah rapor asli. Kita lakukan verifikasi ke sekolah asal dengan meminta leger nilai siswa. Kita pun berkoordinasi langsung dengan operator sekolah asal karena ada grupnya,” ungkap Sekretaris Panitia PPDB di SMAN 12 Bekasi, Ari Wijaya, Rabu (3/7/2024).

Sekolah, lanjutnya, amat terbantu dengan penerapan e-rapor di jenjang SMP di Kota Bekasi. “Karena sudah sistem e-rapor, jadi susah diotak-atik, data tidak bisa diubah. Setahu saya, sebagian besar di wilayah Bekasi sudah menggunakan e-rapor,” imbuhnya.
.
Saat meninjau pelaksanaan PPDB tahap 2 di SMAN 12 Bekasi, Plh. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, M. Ade Afriandi menekankan pentingnya kolaborasi dan sinkronisasi dengan Dinas Pendidikan kab./kota.
.
Plh. Kadisdik pun mendorong sekolah untuk tidak ragu menindak jika ada anomali data dari calon peserta didik. “Sekolah tidak harus menunggu instruksi. Kalau ditemukan anomali, saya minta langsung lakukan pendalaman,” tegasnya.
.