by

Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, Sederajat Sudah Gratis

polaberita.com /BANDUNG -Sekarang ini biaya sekolah untuk semua jenjang pendidikan dari mulai tingkat dasar hingga SMA sudah gratis.

Hal ini sebagai komitmen dari pemerintah dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat dan mendukung program wajib belajar 12 tahun.

Anggota DPRD Jawa Barat, Ali Rasyid mengatakan bawah biaya pendidikan atau bisa sekolah untuk sekarang ini sudah gratis untuk semua jenjang pendidikan.

Untuk tingkat dasar atau SD sampai dengan tingkat SMP, biaya pendidikan gratis yang kewenangannya ada pada pemerintah.

Sedangkan untuk tingkat menengah atas atau SMA dan sederajat, kata Ali Rasyid menjadi tanggungjawab pemerintah Provinsi dan saat ini bisa pendidikan SMA sudah gratis.

“Sekarang ini pemerintah Jawa Barat sudah menggratiskan biaya pendidikan di tingkat SMA dan sederajat. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak sekolah,” kata Ali Rasyid.

Anggota DPRD Jawa Barat, Ali Rasyid menjelaskan sekarang ini biaya sekolah untuk jenjang SMA SMK dan SLB Negeri sudah gratis.

Namun dari paparan Anggota DPRD Jawa Barat, Ali Rasyid, ada salah satu SMKN di Kota Bandung masih memungut biaya.

Menurut keterangan dari salah satu orang tua murid, pungutan biaya tersebut masih belum dilaksanakan membayar karena pihak Orang tua murid, terkendala perekonomian dan harga bahan kebutuhan pokok di Jabar terus naik. Bandung, 19/9-2023.