by

Obat Kolesterol Alami yang Dapat Ditemukan di Dapur Rumah

Polaberita.com/  Kolesterol tinggi adalah kondisi meningkatnya kolesterol dalam darah yang melampaui kadar normal. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya seperti serangan jantung dan stroke. Ada beberapa obat kolesterol alami yang dapat ditemukan di dapur rumah.

Kolesterol dibutuhkan dalam tubuh untuk membangun sel-sel baru. Kolesterol membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, menghasilkan asam empedu untuk mencerna lemak dan menghasilkan sejumlah hormon.

Kelebihan kolesterol bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, kurangnya olahraga, atau akibat faktor keturunan.Untuk menurunkan kolesterol dapat kita gunakan bahan-bahan yang biasa kita temukan di dapur. Apa saja itu?

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan populer yang digunakan untuk obat-obatan herbal. Bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Caranya: makan tiga sampai empat siung setiap hari, jangan lupa banyak minum air untuk menghindari dehidrasi akibat zat diuretik yang terkandung dalam bawang putih.

2. Seledri

Seledri mampu menurunkan hipertensi dan kolesterol pada tubuh secara efektif. Didalam seledri terdapat kandungan ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan metanol dan etanol di dalam seledri membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Konsumsilah jus seledri sebanyak satu gelas sehari dapat menurunkan tekanan darah.

3. Biji Ketumbar

Kandungan asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat, dan asam stearat yang terkandung dalam biji ketumbar dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Biji ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa memengaruhi kolesterol baik.
Cara mengonsumsi biji ketumbar yaitu siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, kemudian campur dengan secangkir air dan direbus. Setelah mendidih kemudian disaring dan siap untuk diminum. Air ketumbar ini dapat diminum dua kali sehari.

4. Kunyit

Warna kuning pada kunyit tersebut mengandung kurkumin, sehingga berkhasiat menguras asam empedu. Masakan yang mengandung bahan kunyit sangat bermanfaat bagi pengidap kelesterol berlebihan. Sifat kunyit tersebut berguna untuk menekan pengaruh buruk lemak jenuh.
Jika ingin mengonsumsi santan, sebaiknya campurkan bumbu kunyit ke dalamnya. Kunyit dalam hidangan bersantan mampu menetralkan pengaruh buruknya.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan obat kolesterol alami yang dapat kita temukan di dapur. Dengan mengonsumsi cuka sari apel ini dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

Kandungan serat larut yang terdapat pada sari cuka apel ini dapat menyerap kolesterol jahat dan lemak dalam tubuh. Serat larut ini juga menambahkan massa yang akan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membuat mengurangi porsi makan. Sari cuka apel juga mengandung asam amino yang dapat menetralkan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari tubuh dengan sendirinya.
Cara mengonsumsi sari cuka apel ini dengan mencampurkan segelas air dan satu sendok teh sari cuka apel organik. Minum dua sampai tiga kali sehari setidaknya selama satu bulan.

6. Ketumbar

Ketumbar yang biasa digunakan untuk membuat aroma masakan lebih menggoda dan lebih enak, ternyata bisa kita gunakan sebagai obat penurun kolesterol jahat. Di dalam biji ketumbar juga terkandung beberapa jenis asam yang efektif membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah.

Air ketumbar dapat kita minum untuk membantu menurunkan kolesterol jahat. Caranya: masak dua sendok ketumbar dengan air mendidih dan saring. Konsumsi dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Bisa pula ditambahkan dengan sedikit madu sebagai pemanis rasa.

7. Daun Salam

Daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masakan, juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Caranya itu dengan menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun salam yang sudah bersih dan rebus dengan 3 gelas air. Jika tinggal tersisa satu gelas, saring air rebusan daun salam. Lebih baik mengkonsumsi di saat malam hari.

Tidak hanya untuk menurunkan kolesterol jahat, daun salam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

Itulah beberapa obat kolesterol alami yang dapat kita temukan di dapur rumah. Selain bahan-bahan dapur, buah-buahan juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mampu memperlancar aliran darah. Kita dapat mengonsumsi buah apel, alpukat, pir, berries, pepaya, jambu biji, dan jeruk. Dengan memperbanyak mengkonsumsi buah juga dapat mencukupi serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita.