by

Disdik Jabar Adakan Rapat Evaluasi Uji Publik Eksternal PPDB 2022

Polaberita.com / BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandhi menghadiri Rapat Uji Publik Eksternal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB Tahun 2022 di Hotel Horison, Kota Bandung, Rabu (30/3/2022).

Dalam rapat uji eksternal tersebut, Kadisdik meminta evaluasi dan masukan, terutama yang dipermasalahkan di tahun kemarin tentang perhitungan dari jalur prestasi (kalibrasi).

“Tentang irisan zonasi, sudah kita perbaharui dan kita sudah meminta masukan-masukan dari cabang dinas untuk irisan-irisan zonasi yang berkaitan dengan lintas sektor,” tuturnya.

Untuk yang afirmasi, menurut Kadisdik, di era pandemi ini pasti naik. Jumlah sekolah (negeri) tetap, persentase afirmasi pun tetap. Akhirnya, akan berdampak terhadap warga miskin (tidak bisa semuanya diterima di negeri).

“Makanya, untuk yang afirmasi ini kami mohon pengertian dari teman-teman (sekolah swasta). Yang saya harapkan 2 hal di PPDB ini, pertama tidak melanggar sistem dan kedua, kita perjuangkan rakyat miskin,” tegasnya.

Saat kita perjuangkan rakyat miskin, lanjut Kadisdik, maka harus diubah jalur afirmasi ke sekolah swasta (agar bisa menerima) ujarnya

Evaluasi lainnya terkait pengaduan, Kadisdik mengungkapkan, seringkali saat membuat nomor kontak pengaduan, sampai hari pelaksanaan PPDB, tidak bisa dihubungi. “Tapi, sudah saya sampaikan ke cabang dinas pendidikan agar terus mengaktifkan kontak pengaduan,” tegasnya.

Untuk ketua PPDB, Kadisdik menjelaskan, adalah kepala cabang dinas, masih seperti tahun kemarin.

Kadisdik Jabar berharap, pada uji publik eksternal ini, bahan diskusi dan masukan-masukan bisa segera dicantumkan karena PPDB semakin dekat. “Saya mohon dukungan dan dorongannya karena PPDB tahun ini akan supersibuk karena sudah masuk masa endemi. Semoga, ini juga jadi bagian kemajuan pendidikan di masa yang akan datang,” pungkasnya.