by

Waspadai Cuaca Ekstrem di 22 Wilayah pada Lebaran Kedua

Polaberita.com/JAKARTA- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 22 wilayah di Tanah Air pada Lebaran hari kedua, Jumat (14/5/2021).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir dan angin kencang di berbagai wilayah,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Peringatan dini BMKG untuk hari ini berlaku untuk kawasan Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, NTB, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara 55% – 100 %. BMKG juga memberikan peringatan dini gelombang tinggi wilayah perairan Indonesia.

Sementara untuk gelombang perairan, pusat tekanan rendah 1002 hPa berada di Timur Filipina. Terpantau sirkulasi angin di Selat Karimata dan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari timur laut hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, Perairan Selatan Pulau Banda dan Laut Arafuru.

Waspada juga tinggi gelombang perairan lebih dari 2,5 – 4 meter yang berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Perairan barat Kepulauan Enngano hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten hingga NTB dan Selatan Bali-Alas hingga Lombok bagian selatan.

Selain itu juga Samudra Hindia Selatan Banten hingga Sumba,Perairan Wakatobi bagian timur, Laut Banda, Perairan Selatan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru.