by

Sayangi Ginjal Anda, Hentikan 4 Kebiasaan Ini Mulai Sekarang Juga

Polaberita.com/Ginjal memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh. Beberapa fungsi penting ginjal antara lain untuk menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tingkat garam dalam darah dan masih banyak lainnya.

Banyaknya fungsi ginjal seperti di atas seharusnya membuat kita lebih semangat untuk menjaga kesehatan organ yang satu ini kan. Selain itu, kalian juga harus menghentikan empat kebiasaan yang bisa merusak ginjal seperti di bawah ini.

*Terlalu berlebihan mengonsumsi makanan olahan*

Makanan olahan memang nggak terlalu sehat untuk tubuh kita. Saat kita terbiasa mengonsumsi makanan olahan rupanya bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal, lho . Makanan olahan banyak memiliki kandungan fosfor dan natrium yang jika dikonsumsi berlebihan bisa merusak ginjal.

*Kurang minum air putih*

Air putih sangatlah penting bagi tubuh kita. Saat kekurangan asupan air maka tubuh bisa dehidrasi dan membuat pikiran tidak bisa konsen hingga lemas. Selain itu dengan banyak minum air putih rupanya juga bisa baik bagi ginjal karena bisa membuang racun dari tubuh. Dehidrasi memang berbahaya bagi tubuh karena juga bisa menimbulkan batu ginjal dan merusak ginjal.

*Mengonsumsi garam terlalu banyak*

Makanan yang mengandung banyak garam memang bisa meningkatkan tekanan darah kita. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi garam ini juga bisa membahayakan ginjal kita karena ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan garam yang berlebih.

*Sering menahan buang air kecil*

Kebiasaan yang satu ini juga harus kalian hentikan ya. Menahan buang air kecil sangat nggak baik bagi kesehatan kita. Saat buang air kecil kita mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi saat kita sering menahan buang air kecil maka bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan batu ginjal.