by

Penahkah Anda Disaat Tidur Ngiler atau Ngadahdir ?

Polaberita.com /Apakah Anda bangun sambil menyeka air liur dari mulut Anda? Apakah itu benar-benar menjijikkan Anda? Mungkin tidak.

Meskipun bisa terasa sedikit menjijikkan dan bahkan memalukan jika Anda berbagi tempat tidur dengan seseorang, air liur sebenarnya bisa berarti Anda adalah manusia yang cukup sehat.

Anda mungkin tahu bahwa mengeluarkan air liur adalah hal yang normal untuk bayi, tetapi sebenarnya hal ini juga cukup umum terjadi pada orang dewasa.

Faktanya, jika Anda membaca ini, Anda mungkin pernah meneteskan air liur setidaknya satu kali dalam tidur Anda sebelumnya. Tidak ada yang perlu dipermalukan.

“Mulut kita selalu membuat air liur, dan kadang-kadang kita tidur dengan mulut terbuka, sehingga air liur keluar dan itulah yang menyebabkan air liur,” kata Dr. Neil Kline, seorang dokter tidur, internis dan juru bicara American Sleep Association di Lititz, Pennsylvania.

Dan air liur adalah hal yang baik. Faktanya, itu sebenarnya adalah garis pertahanan pertama melawan gigi berlubang, kata para ahli.

Jadi, jika Anda seorang yang ngiler, Anda mungkin memiliki kebersihan gigi yang lebih baik daripada rekan-rekan Anda yang tidak ngiler.

Selain itu, salah satu hal utama yang perlu Anda pahami tentang air liur adalah bahwa hal itu biasanya terjadi saat Anda tidur nyenyak.

Halaman:

Sumber: tiphero.com

Dan ketika tubuh Anda rileks, Anda bisa mendapatkan istirahat malam yang penuh.

Sepertinya otak Anda lupa memberi tahu tenggorokan dan mulut Anda bahwa Anda perlu menelan karena Anda terlalu lelap dalam tidur.

Itu penting karena tidur adalah salah satu bagian terpenting dari menjalani hidup sehat.

Mendapatkan kualitas tidur yang buruk adalah salah satu hal terburuk bagi Anda. Anda bangun lelah, murung, dan hanya merasa secara keseluruhan sepanjang hari.

Tingkat konsentrasi Anda menurun, Anda mungkin ingin makan segala sesuatu yang terlihat sepanjang hari, dan Anda membentak pasangan Anda untuk bernafas.

Sebaliknya, istirahat malam penuh berarti lebih sedikit stres, fokus yang lebih baik, dan sistem kekebalan Anda bahkan berfungsi lebih baik.

Anda pasti dapat membedakan hari Anda tergantung pada kualitas tidur Anda. Dan air liur adalah tanda pasti bahwa Anda tidur nyenyak dan damai.

Ini juga berarti Anda mungkin berada di bagian REM (Rapid Eye Movement) dari siklus tidur Anda, yang merupakan bagian terdalam dari tidur Anda, dan diperlukan untuk mendapatkan tidur berkualitas tinggi yang sedang kita bicarakan.

Meskipun ngiler bukanlah hal yang buruk, itu pasti akan terasa sedikit tidak nyaman untuk bangun di genangan air liur Anda sendiri. Jadi, jika Anda ingin mencegahnya terjadi tetapi tetap mendapatkan kualitas tidur yang sama, Anda dapat mencoba tidur telentang.

“Orang yang tidur terlentang cenderung tidak ngiler daripada orang yang tidur menyamping atau tengkurap. Beberapa pasien bersumpah dengan menggunakan gosok uap di bawah hidung untuk membuka rongga hidung,” kata Robert Oexman, DC, direktur Sleep to Live Institute di North Carolina.*