by

Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya Hadiri Pelepasan Peserta Didik SMAN 3 Sukabumi

Polaberita.com / KOTA SUKABUMI, DISDIK JABAR — “Jika kemarin adalah sejarah maka mulai hari ini kamu akan membuat sejarahmu sendiri.”

Itulah pesan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya pada acara “Pelepasan Peserta Didik SMAN 3 Sukabumi” di Grand Sulanjana, Kota Sukabumi, Rabu (17/5/2023).

“Oleh karena itu, tulis sejarah Adik-adik dengan baik. Jadikan diri Adik-adik sesuai dengan rencana hidup kalian,” ucapnya.

Kadisdik menyampaikan, meski masa depan adalah misteri, namun masa depan akan terprediksi jika merencanakan tujuan dengan matang. “Jika hari ini ingin jadi penguasaha, politikus, TNI atau apa pun, tetapkanlah dari sekarang. Kemudian, rencanakan dan upayakan agar itu bisa terwujud,” pesannya.

Kadisdik pun mendorong seluruh lulusan agar terus berjuang sedini mungkin untuk mencapai cita-cita. “Jika kita memilih jalan yang sulit hari ini, itu akan memberi kemudahan di masa depan. Upaya Adik-adik belajar, merencanakan masa depan, melatih fisik, dan hal lainnya untuk memenuhi rencana masa depan, itu akan memberi kemudahan di masa depan,” tuturnya.

Sebaliknya, tambah Kadisdik, jika hari ini memilih jalan yang mudah, seperti menghabiskan waktu untuk rebahan, nongkrong tanpa tujuan, dan hal-hal kurang bermanfaat lainnya maka bisa jadi itu akan menyulitkan kita di masa depan.

Kadisdik juga berpesan agar seluruh lulusan meneladani kebaikan-kebaikan yang diberikan oleh para guru. “Semoga, dengan itu semua harapan bisa terkabul. Tetap semangat, jangan lelah menggapai masa depan,” serunya.

Sedangkan Kepala SMAN 3 Sukabumi, Iyep Budiman mengatakan, seluruh peserta didik lulus dengan nilai membanggakan. Selain itu, puluhan siswa telah diterima di seluruh perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. “Semua lulusan SMAN 3 Sukabumi ada di seluruh universitas terbaik di Indonesia,” cetusnya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII SMAN 3 Sukabumi yang meraih predikat 100% lulus dan dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Nonong Winarni.