by

BMKG Memperingatkan Ada Potensi Gempa Besar di Atas 7,0 Magnitudo

Polaberita.com / BENGKULU – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyampaikan peringatan serius terkait potensi gempa besar.

Kasi data dan informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar mengatakan kekuatannya mencapai di atas 7,0 magnitudo.

Dia menjelaskan terdapat tujuh segmen gempa yang ada di Provinsi Bengkulu yang berpotensi berkekuatan di atas 7,0 magnitudo.

Dari tujuh segmen tersebut, lanjut dia, terbagi menjadi lima segmen darat dan dua segmen laut potensi berkekuatan besar bila terjadi gempa bumi.

“Dari ketujuh segmen yang ada di Bengkulu, segmen laut lebih berbahaya jika terjadi gempa karena memungkinkan bisa mencapai kekuatan 8,9 magnitudo,” kata Anwar di Bengkulu, Senin.

ADVERTISEMENT

Tujuh segmen yang terdata BMKG, segmen Bengkulu potensi gempa berkekuatan lebih dari 7 magnitudo, yaitu segmen Ketahuan, segmen Musi, segmen Manna, dan segmen Komring.

Kemudian dua segmen laut, seperti, segmen sesar Mentawai potensi gempa berkekuatan dan segmen sesar Enggano.

Catatan BMKG, wilayah Bengkulu sering kali dilanda gempa bumi dengan kekuatan besar, yakni tahun 2000 dengan 7,3 magnitudo dan pada 2007 gempa bumi 7,9 magnitudo yang mengakibatkan kerusakan cukup parah.

BMKG Bengkulu menyampaikan peringatan serius terkait potensi gempa berkekuatan besar
Melihat potensi gempa di Bengkulu, pihak BMKG meminta kepada masyarakat tetap waspada dengan bencana alam yang akan terjadi.

Menurut BMKG, memang Bengkulu sendiri terdata menjadi salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam