by

5 Cara Atasi Hilangnya Indra Penciuman dan Rasa Akibat Virus Corona

Polaberita.com /Mengatasi Kehilangan indra penciuman dan rasa salah satu gejala umum virus corona Covid-19 yang membingungkan. Mulanya, kondisi yang disebut anosmia ini sembat dianggap sebagai gejala aneh virus corona.

Kini, hilangnya indra penciuman dan rasa cukup umum di antara pasien Covid-19 dan biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Kondisi ini cukup sulit untuk diatasi dan bisa membuat stres pasien virus corona Covid-19 secara psikologis. Mereka bisa kehilangan nafsu makan karena tidak bisa mencium dan merasakan makanannya dengan baik.

Karena itu, kembalinya indra penciuman da rasa sangat penting bagi pasien virus corona meski membutuhkan waktu lama. Karena, tidak ada obat yang dikhususkan mengatasi kondisi ini.

Tapi dilansir dari Times of India, beberapa makanan dipercaya mampu mengembalikan indra penciuman dan rasa seseorang lebih cepat, antara lain:

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti-virus dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh selama pandemi virus corona. Ayurveda mengatakan konsumsi bawang putih pedas memberikan khasiat meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidup.

Pada akhirnya, bawang putih ini bisa membantu memudahkan pernapasan dan memulihkan indra penciuman serta rasa lebih cepat.

Meskipun bawang putih tidak bisa dihirup, Anda bisa menyesap ramuan bawang putih yang telah dihancurkan dan diberi air.

2. Bubuk cabai merah dan cabai rawit

Bumbu cabai merah dan cabai rawit juga bisa membantu mengendalikan indra penciuman. Meskipun bumbu ini bukan pengobatan yang didukung oleh sains.

Tapi, manfaatnya terletak pada kandungan kuat dalam rempah-capsaicin, yang efektif mengatasi hidung tersumbat, mengaktifkan indra dan meningkatkan fungsi indra penciuman.

Pastikan Anda mencampurkannya dengan secangkir air atau menambahkan zat pemanis, seperti madu untuk digunakan.

3. Minyak esensial

Menghirup aroma minyak esensial juga membantu mengembalikan indra penciuman dan pengecap secara perlahan. Banyak praktisi dan spesialis aromaterapi merekomendasikan pasien virus corona untuk mencoba pelatihan penciuman, yaitu mencium empat minyak esensial yang berbeda selama 20-40 detik.

4. Minyak jarak

Minyak jarak adalah bahan yang cukup ampuh dengan sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi untuk meringankan gejala nyeri sinusitis dan alergi. Minyak jarak juga bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek dan membangun kembali indra penciuman.

5. Mengendus jeruk

Mengendus jeruk yang dibakar atau memakan daging jeruk yang hangus adalah trik untuk membantu seseorang mengembalikan indra penciuman dan perasanya.